Penyebab kangker Payudara

     
     Kangker payudara merupakan suartu penyakit yang menakutkan bagi wanita, dimana kangker itu sendiri adalah kondisi dimana sel kehilangan kendali dari mekanisme normalnya, dan akibatnya adalah mengalami pertumbuhan yang tidak normal dan tentunya tidak terkendali. kangker payudara tidak bisa dipandang sebelah mata karena penyakit ini adalah penyakit yang ganas yang berasal dari parenchyma. penyebab kangker payudara sebenarnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti karena banyak sekali faktor yang terkait antara satu dengan yang lainnya. faktor-faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh besar daam terjadinya kangker payudara adalah hormonal, riwayat keluarga, dan faktor lain yang bersifat eksogen.
     Seorang wanita yang paling beresiko terserang kanker payudara ialah wanita yang berumur diatas 30 tahun namun sekarang, dibawah 20 tahun juga sudah ditemukan kanker payudara. Disamping itu, riwayat dalam keluarga ada yang menderita kanker payudara (ini juga tidak mutlak karena tanpa ada riwayat keluarga juga bisa terkena) juga menjadi faktor resiko. Mereka yang punya riwayat tumor juga mempunyai resiko tinggi menderita kanker payudara. Faktor resiko lain adalah seperti haid terlalu muda atau menopause diatas umur 50 tahun, tidak menikah atau tidak menyusui dan melahirkan anak pertama diatas usia 35 tahun. Mereka yang sering terkena radiasi (bisa dari sering melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan alat x-ray) juga mempunyai kemungkinan menderita kanker payudara. 
     Sebaiknya mulai sekarang pola makan dengan konsumsi lemak berlebihan juga harus diperhatikan dan dihentikan, karena kegemukan dan konsumsi alkohol berlebihan juga merupakan faktor resiko terjadinya kangker payudara. Mereka yang sudah mendapatkan terapi hormonal dalam jangka panjang harus lebih berwaspada karena mereka mempunyai resiko mendapat kanker payudara. selain itu stres dan faktor genetik (BRCA1/BRCA2) juga dikatakan tergolong dalam faktor resiko kanker payudara. Mutasi gen BRCA1 pada kromosom 17 dan BRCA2 pada kromosom 13 dapat meningkatkan resiko kanker payudara sampai 85%.

0 Response to "Penyebab kangker Payudara"

Post a Comment