TERAPI OKLUSAL

Penerapan Diagnostik Interoklusal
Peralatan interoklusal maksila atau mandibula dapat menyediakan suatu peranan diagnostik yang penting dalam bidang terapi periodontal komprehensif. Ketidakstabilan apapun yang dirasakan baik salah satu atau kedua TMJ yang berhubungan dengan disfungsi otot memiliki disharmoni oklusal sebagai suatu faktor yang berkontribusi. Penerapan penyesuaian interoklusal dengan baik sering mengijinkan aktivitas muscular kurang dipaksakan dan mungkin mengijinkan atau lebih konsisten mengidentifikasi relasi sentries dan tinjauan oklusal lain untuk membedakan jika intervensi adalah tepat. Karena peralatan dapat mendorong pengikatan erat gigi-gigi melalui splinting ortopedi gigi-gigi goyang selama melindungi gigi-gigi tersebut dari kontak oklusal yang membelok (deflektif). Ketika gigi-gigi telah dipererat ke derajat yang diijinkan kondisi dan kualitas periodonsium, keberadaan atau tidak adanya diskrepansi oklusal dapat dibedakan sebelum membuat keputusan apapun tentang suatu perubahan irreversible, seperti penyesuaian oklusal (occlusal adjustment) atau restorasi kedokteran gigi.

TERAPI OKLUSAL
Rangkaian dari terapi oklusal pada keseluruhan rencana perawatan masih tergantung pada pengalaman unik masing-masing pasien dan bagaimana kerentanannya terhadap periodontitis yang bermanifestasi pada dirinya sendiri. Karena periodonsium yang mengalami inflamasi dapat berkontribusi terhadap mobilitas, ini dapat mempengaruhi keakuratan pengujian klinis oklusi seorang pasien. Pendekatan ideal dengan demikian meliputi sekurang-kurangnya perkembangan level perawatan di rumah dan melengkapi terapi nonbedah yang sesuai, meliputi skaling komprehensif dan root planning. Mobilitas persisten dan residual dari gigi-gigi individu kemudian akan perlu diinterpretasikan untuk membedakan antara trauma oklusal dan mobilitas nonpatologis. Jika klinisi menyimpulkan bahwa diskrepansi oklusal spesifik bertanggungjawab pada trauma oklusal yang tampak, terapi peralatan interoklusal atau penyesuaian oklusal dapat disarankan. Meskipun bukti mengindikasikan bahwa penyesuaian oklusal dapat mempengaruhi bermacam-macam hasil skaling dan root planning, kebijaksanaan dan penerimaan pasien terhadap perawatan rasional mensugestikan pendekatan ideal, ditujukan pertama pada inflamasi, biasanya paling aman dan paling efektif.
Tujuan terapi oklusal adalah untuk membanggun hubungan fungsional stabil yang beragam pada kesehatan rongga mulut pasien, termasuk periodonsium. Prosedur yang beragam dapat berkontribusi pada objek ini: terapi peralatan interoklusal, penyesuaian oklusal, kedua prosedur restorasi sementara dan akhir, pergerakan gigi dengan orthodonsi, dan bedah orthognatik.
Berikut garis besar panduan penerapan terapi oklusal secara umum:
1. Suara biologis rasional harus ada pada intervensi. Apakah pasien telah dikonfirmasi memiliki kerentanan terhadap periodontitis?
2. Intervensi oklusal harus dipertimbangkan bersamaan dengan terapi periodontal. Apakah terdapat bukti klinis pengalaman penyakit periodontal dari gigi tertentu dipengaruhi secara negatif oleh trauma oklusal?
3. Perubahan okusal signifikan, irreversible harus dipertimbangkan dalam konteks perencanaan perawatan restorasi pada pasien.
4. Sepenuhnya, informed consent harus disediakan untuk pasien; hal ini secara kritis menjadi tujuan pemahaman pasien, batasan, dan konsekuensi dari intervensi oklusal. Terapi oklusal yang dianggap tepat adalah yang kemudian diantisipasi oleh pasien dan klinisi sebagai peluang meningkatnya stabilitas dan kenyamanan dan memungkinkan meningkatkan manfaat terapi periodontal, selama tidak dilakukan terapi penyakit periodontal itu sendiri. 

Kontribusi restorasi kedokteran gigi dan pergerakan gigi dengan orthodonsi terhadap manajemen periodontal pasien dijelaskan pada bab lain (lihat Bab 71 dan 72). Manajemen spesifik dari gangguan mastikasi, meliputi manifestasi berbeda dari nyeri orofasial, melibihi bidang dalam konteks ini; banyak, modalitas perawatan yang bervariasi telah menunjukkan gejala secara efektif. Dengan demikian peranan dari terapi peralatan interoklusal dan penyesuaian oklusal pada perawatan pasien yang rentan terhadap periodontitis menjadi focus utama pada pembahasan ini.

Terapi peralatan interoklusal
Peralatan interoklusal, secara umum dipabrikasi dari akrilik atau resin komposit, mempunyai manfaat yang menyediakan arti reversible dari kekuatan oklusal yang didistribusikan kembali dan meminimalkan kekuatan berlebih pada gigi-gigi secara individu.  Suatu cakupan menyeluruh, peralatan stabilisasi maksila atau mandibula adalah secara khusus berguna dalam menyediakan stabilitas secara fisik untuk gigi goyang, khususnya peralatan maksila dengan cakupan dan kontak hampir menyeluruh pada palatal (Gambar 56-3, A). Peningkatan jumlah area permukaan gingiva palatal keras pada kontak secara dramatis mempengaruhi kemampuan peralatan mendorong pengikatan erat gigi-gigi goyang dibandingkan dengan suatu peralatan yang menutupi hanya permukaan oklusal gigi-gigi. Peralatan pada gigi-gigi berlawanan dipengaruhi secara beragam oleh desain dari permukaan yang  beroklusi. Faktor spesifik dari stabilitas oklusal harus meliputi (1) kontak simultan bilateral pada relasi sentries, (2) disklusi tiba-tiba dari gigi-gigi posterior secara terus menerus pada sumua penyimpangan, dan (3) panduan responsibilitas yang didistribusikan pada gigi-gigi anterior tanpa stress (tegangan) pada pergerakan menyimpang apapun (Gambar 56-3, B).
Gigi-gigi goyang dalam peralatan interoklusal lengkung yang berlawanan sering dipererat ketika peralatan dipabrikasi secara hati-hati dan oklusi disaring dengan sangat teliti. Keputusan dimana lengkung yang ditujukan untuk peralatan adalah paling sering dibedakan melalui sejumlah gigi-gigi dan derajat mobilitas; kedua faktor biasanya mempunyai berat yang lebih besar untuk gigi-gigi maksila. Secara umum, jika salah satu cusp maksila goyang, atau jika insisiv maksila sebagai suatu kelompok yang mengalami kegoyangan, pilihan yang jelas adalah peralatan maksila. Peralatan mandibula adalah secara khas sangat membantu jika insisiv mandibula goyang (Gambar 56-3, C) atau jika pasien berpikir suatu peralatan maksila akan menjadi sulit untuk dipakai. Kedua desain adalah efektif dalam memajemen bruxism dan untuk lebihmembatasi derajat (kegoyangan), clenching, sebagai bagian dari suatu rencana perawatan komprehensif untuk pasien. Penyediaan peralatan untuk periodontal pasien akan lebih berkontribusi pada keseluruhan rasa kenyamanan menggigit, sebagai tambahan untuk meminimalisir konsekuensi yang merusak dari parafungsi, dan mungkin dapat meningkatkan keseluruhan prognosis.
Peningkatan perhatian ringan tentang pembebanan berlebih berlebih oklusal dari implant, peralatan interoklusal mungkin dapat memainkan suatu peranan perlindungan yang penting pada implant sebagaimana pada gigi-gigi dengan suatu compromised periodonsium, khususnya ketika diduga bruxism saat tidur. Penerimaan dan akomodasi awal pada suatu peralatan dapat difasilitasi ketika pasien pernah menerima panduan pada evaluasi mobilitas persisten yang dimilikinya dan parafungsi atau ketika mereka merasa memiliki nilai dalam melindungi gigi-gigi, periodonsium, restorasinya, dan implannya. Peralatan yang sering digunakan selama tidur, ketika pengalaman oklusal tidak dapat diawasi oleh pasien dan ketika mereka tidak akan mengganggu aktivitas harian.
Penyedia peralatan oklusal seperti terapi periodontal tambahan harus selalu mengakui bahwa elemen muscular dan skeletal dari sistem mastikasi juga dapat mengalami dampak. Karena terapi peralatan stabilisasi dipertimbangkan sebagai salah satu intervensi yang paling tepat untuk gangguan sistem mastikasi, hal ini kemungkinan lebih besar dari respon sendi atau otot netral atau positif daripada yang negatif lain. Disini, lagi-lagi, nilai dari garis besar tinjauan dibutuhkan selama evaluasi awal sistem mastikasi yang tidak dapat dinyatakan lebih. Diskontinuitas penggunaan peratan memberikan kesempatan intervensi reversible secara nyata dengan oklusi, menyatakan secara tidak langsung keamanan ketika disarankan.
Karakteristik umum dari desain peralatan interoklusal yang efektif meliputi sebagai berikut (Gambar 56-4):
1. Pabrikasi dalam casts diagnostik meningkat secara akurat.
2. Centric stop untuk semua gigi-gigi posterior yang berlawanan; beberapa desain mempunyai kontak ringan dengan tepi insisal.
3. Disklusi tiba-tiba dari semua gigi-gigi posterior secara terus menerus pada semua penyimpangan.
4. Kehalusan, pedoman anterior yang secara relatif datar, cukup untuk mengakui disklusi gigi-gigi posterior tanpa stress/tegangan pada gigi-gigi anterior manapun.
5. Relining untuk menyesuaikan gigi-gigi dalam lengkung yang dipabrikasi, untuk memaksimalkan stabilitas peralatan dan berperan sebagai pengaruh stabilisasi pada gigi-gigi. Kontak intim antara peralatan dan palatum secara luas diterima oleh pasien secara substansial dapat meningkatkan stabilisasi ortopedi gigi-gigi maksila.
6. Subjek penyesuaian multipel dalam mengantisipasi pengurangan mobilitas gigi-gigi dan perubahan fungsional pada otot dan dalam hubungan sendi.
7. Dapat atau tidak dapat diikuti oleh penyesuaian oklusal, tergantung pada kebutuhan individu pasien.



0 Response to "TERAPI OKLUSAL"

Post a Comment