Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja

Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja, Wawancara kerja adalah termasuk point terbesar untuk menentukan diterima atau tidak kita dalam perusahaan yang kita lamar, jadi tentunya disaat tahap ini kita harus benar-benar bisa menguasai pertanyaan yang ditanyakan oleh para penguji sehingga kita bisa lolos untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan yang kita impikan, jangan sampai hanya gara-gara kurangnya pengetahuan kita sehingga kita tidak jadi diterima padahal untuk mencapai tahapan wawancara juga sebenarnya bukanlah hal yang mudah, mungkin banyak sekali saingan para kandidat yang juga berkompetisi untuk bsa mencapai tahapan-tahapan ini.jadi beruntung anda jika anda sudah berada pada tahapan Wawancara Kerja. Untuk itu anda jangan menyia-nyiakan kesempatan emas ini, tinggal selangkah lagi anda bisa mendapatkan keinginan anda. 
Menjawab Wawancara Kerja  untuk para sarjana baru atau Fresh Graduate yang kurang memiliki pengalaman wawancara mungkin hal yang asing dibandingkan dengan mereka yang telah melamar kerja berkali-kali, jadi para lulusan baru sebagian besar merasa jika dalam tahapan wawancara kerja ini adalah tahapan yang sangat berat dan susah, serta juga tahapan yang sangat menengangkan, kenapa demikian? karena pada tahapan wawancara kerja ini kita seperti ujian lisan, atau juga seperti ujian sekripsi, dimana para petugas bagian wawancara akan menanyakan ke kita pertanyaan-pertanyaan yang tentunya juga mungkin tidak bisa kita tebak. Terkadang hal-hal yang menurut mereka menarik itulah yang akan mereka tanyakan. 
      Seperti yang pernah saya alami, ketika saya melamar kerja selama beberapa lama tidak kunjung ada panggilan, namun setelah ada panggilan saya langsung berada pada tahap wawancara, disini orang yang mewawancarai saya adalah atasan atau direksi perusahaan. Pada saat itu memang yang saya rasakan agak grogi namun saya bersyukur karena kegrogian saya bisa saya atasi. Adapun proses wawancaranya adalah sangat santai, obrolan seperti teman, pertanyaan yang ditanyakan hanya seputar pengalaman kerja atau juga kuliah. Setelah itu dipersilahkan dan langsung disuruh memilih ruangan dan tentunya ditanya menginginkan memiliki ruangan seperti apa. Beruntunglah anda jika anda langsung diterima perusahaan seperti pengalaman saya, tidak tahu karena apa atau mungkin tidak ada yang melamar lowongan ini. Namun pengalaman saat wawancara kerja saya itu adalah tergolong mudah. Saat itu saya melamar di perusahaan Sampoerna. Itu adalah sedikit cerita pengalaman saya. anada juga bisa membaca cara mudah menghasilkan uang lewat internet
     Sekarang waktunya anda untuk menjawab atau melibas tahapan wawancara kerja, dimana materi-materi tahapan wawancara mungkin tidak anda dapatkan dalam perkuliahan, kalaupun anda saat jadi mahasiswa mendapatkan sedikit pelajaran psikologi namun materi perkuliahan psikologi biasanya adalah lebih ke hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana kita memahami seseorang dan bagaimana cara kita membaca karakter seseorang. Jarang yang mengajari bagaimana trik-trik untuk menjawab wawancara kerja. Sewaktu jaman kuliah saya, dosen saya tidak mengajari namun boleh berkonsultasi dan belajar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan waktu wawancara, namun tentunya itu juga diluar jam perkuliahan. 
      Bagi anda yang akan menginjak tahapan wawancara kerja disini saya akan berbagi beberapa tips atau cara untuk menjawab suatu  pertanyaan-pertanyaan yang sering di tanyakan pada saat tahapan wawancara kerja. Dan sebenarnya jika anda telah mempelajarinya terlebih dahulu sebelum terjun pada hari yang telah ditentukan, kemungkinan pengalaman wawancara anda akan semakin berkesan. dan juga kemungkinan besar anda akan lolos, dibandingkan jika anda tidak memahami dan mengerti tentang kisi-kisi menjawab wawancara kerja sebelumnya.

Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja
wawancara kerja

Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja 

Inilah beberapa pertanyaan yang sering ditnyakan pada saat wawancara kerja

Ceritakan Tentang Anda
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat sering sekali dipertanyakan pada saat wawancara kerja, karena tujuan mereka adalah mereka ingin mengetahui anda dalam waktu singkat sehingga mereka bisa menilai anda. jika anda mendapat pertanyaan ini hal yang harus anda pegang dan lakukan adalah menjawab seperlunya atau dalam artian jawaban anda jangan panjang lebar, sebutkan saja point pont seperti pendidikan, dan keluarga. 
contohnya, anda mulai saja dengan bercerita tentang diri anda sendiri seperti tempat kelahiran anda, jumlah saudara anda, alumni atau lulusan anda, jurusan saat anda kuliah. dan juga ceritakan pengalaman kerja anda sebelumnya dan jika anda merupakan lulusan baru anda menceritakannya juga bisa.setelah anda menyisipkan pengalaman dan kemampuan anda anda juga harus waspada dan hati-hati yaitu sebaiknya anda tidak menyangkut hal hal yang berbau suku, ras, politik dan agama

Kelebihan apa yang anda miliki?
Terkadang para user juga menanyakan hal-hal seperti ini, jika anda ditanya atau disodori pertanyaan seperti ini anda harus benar-benar cerdik dalam menjawab.contoh jawaban jika anda ditanya hal-hal seperti ini adalah, pada 3 bulan lalu saya telah mengikuti suatu pelatihan dibidang (yang anda ikuti) dalam lembaga (lembaga yang anda ikuti). dan jelaskanjika anda mengerti dan memahami tentang yang anda ikuti kegiatannya.serta bagi anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, pengalaman anda juga bisa anda sebutkan karena itu adalah suatu nilai plus dibandingkan dengan mereka yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja. 

Bagian yang mana yang paling menarik saat anda kerja
jika anda ditanya pengalaman kerja anda bagian yang menurut anda menarik anda bisa menjawab bedasarkan pengalaman anda, contoh jika pengalaman kerja di bagian pertambangan, pengalaman kerja saya yang menurut saya paling menarik adalah saya bisa mengetahui mana bahan dasar yang berkualitas dan mana yang tidak, sehingga saya bisa mengerti mana hasil tambang yang layak digunakan atau dikirim ke pabrik A dan mana yang layak dikirim ke pabrik B, karena tidak semua orang bisa mengerti dan memiliki pengalaman ini. jika ada pertanyaan umpan balik dari user "bagaimana cara anda tahu" jawabannya kita bisa mengetahui kadar kadar sebuah hasil tambang dengan cara di tes, dimana disana sudah ada alat serta prosedur untuk mngetahui hasil dari kualitas dan kadar bahan tambang, 
pada intinya jika anda menceritakan tentang pengalaman anda dan anda dikejar pertanyaan-pertanyaan oleh user maka jawablah pertanyaan mereka dan jawaban anda harus menjawab kalau perusaaan yang anda tempati sebelumnya memiliki keunggulan, dan juga mengalami untung jangan sampai anda menunjukkan kalau perusahaan anda sebelumnya rugi.

Pertanyaan seputar gaji, berapa gaji yang anda inginkan?
Pertanyaan tentang gaji adalah suah-susah gampang karena nilai jawaban juga tergantung sekali dengan penanyanya, jadi untuk amannya jika anda ditanya soal gaji hal yang harus anda jawab awal adalah jawablah jika gaji adalah bukan hal pertama yang anda inginkan, namun bidang kerja yang dibuka ini lah yang anda sukai, intinya adalah anda bisa bekerja sesuai dengan keinginan anda dan nyaman. setelah jawaban itu anda juga bisa jujur dan terus terang kalau anda akan mengikuti ketentuan gaji yang telah dietapkan oleh perusahaan yang telah sesuai dengan tingkat pendidikan dan posisi yang anda masuki.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan tips untuk menjawab wawancara kerja, pada intinya anda juga harus banyak-banyak berdoa pada yang kuasa, karena pada tahapan ini juga melibatkan seseorang,jadi jika yang kuasa memberi ilham kita serta melunakkan hati penanya maka kita juga akan lolos, semoga sedikit tulisan Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja bisa membantu dan semoga anda diberi kelancaran dan kesuksesan, anda juga bisa membaca tentang Cara Membangun Bisnis Yang Menguntungkan



0 Response to "Tips Jitu Menjawab Wawancara Kerja "

Post a Comment