Cara Memotivasi Pasien

 
     Pengontrolan plak yang memuaskan tidak mudah dilakukan,bila dokter gigi ingin mengarahkan pasien agar mencapai tujuan ini, pertama-tama harus menyadari dahulu kendala-kendala yang dihadapi pasien. Dan memotivasi pasien agar mau menjaga kebersihan mulutnya memang perlu dilakukan untuk meningkatkan suatu pengetahuan, dan pemahaman serta perubahan dalam sikap yang dapat merubah kebiasaan yang kurang baik. dalam melaksanakan perawatan juga perlu dijelaskan kepada pasien tentang kendala yang ada terutama pada kasus pengontrolan penyakit periodontal dimana peran pasien adalah sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan mulutya. dalam menjelaskan tentang kendala yang ada, maka ada aturan yang perlu diikuti, beberapa cara memotivasi pasien antara lain

  1. jangan mengganggap bahwa pasien sudah mempunyai cukup pengetahuan tentang hal tersebut, asumsikan bahwa pasien hanya sedikit mengetahui tentang masalah-masalah mulut dan bahwa informasi yang dimilikinya adalah kumpulan dari gosip, mitos, dan pseudo-sientifik.
  2. berikan informasi dalam bahasa sehari-hari yang sederhana dan hindari jargon seperti "anda menderita infeksi gingiva akibat plak yang diperburuk dengan adanaya faktor retensi iatrogenik" yang tentunya tidak dimengerti oleh sebagian besar pasien. jadi gunakan kata bakteri untuk mengganti mikroorganisme dan gnakan gusi untuk mengganti gingiva 
  3. jangan terlalu memberikan banyak informasi sekaligus dan ulangi apapun yang sudah pernah anda berikan. 

0 Response to "Cara Memotivasi Pasien"

Post a Comment