Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat

Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat  - Cumi adalah salah satu makhluk hidup yang hidup di laut yang bisa kita makan,  untuk mendapatkan ikan yang satu ini kita bisa membelinya di pasar, namun untuk mendapatkan yang segar-segar, kita juga bisa langsung membelinya di TPI atau disebut dengan tempat pelelangan ikan, disana biasanya cuma baru datang yang dibawa oleh para nelayan dan belum disetorkan ke penjual-penjual yang biasanya dipasar. jadi kita bisa lebih bebas memilih.

Masakan cumi memang sangat nikmat tetapi untuk mendapatkan rasa yang benar-benar sempurna kita harus benar-benar bisa memilih dan membedakan mana yang termasuk cumi-cumi sehat mana yang termasuk cumi-cumi tidak sehat. bingung dengan yang saya katakan tentang mana cumi yang sehat dengan yang tidak sehat? yang saya maksudkan adalah anda harus benar-benar jeli dan bisa membedakan mana ikan cumi-cumi atau orang jawa sering menyebut dengan nama ikan nus ini yang masih benar-benar sehat dalam artian bebas dari formalin atau cairan pengawet yang sering digunakan oleh para penjual supaya ikan tidak basi, dan mana yang masih benar-benar layak makan dan tidak membahayakan kesehatan kita.

Rasa masakan cumi akan terasa sempurna dan lezat apabila seperti yang saya katakan sebelumnya, yaitu dengan syarat cumi yang kita olah dalam kedaan segar tanpa bahan pengawet. Kalau anda tidak percaya coba anda buktikan sendiri, apakan anda pernah menjumpai ikan cumi dipasar yang ikannya tampak putih-putih dan terlihat kaku? nah biasanya tanda-tanda dari ikan cumi yang sudah diberi bahan pengawet formalin adalah seperti itu, ikan kelihatan keras dan kaku. Sedangkan ikan yang belum terkena bahan pengawet, penampilannya terlihat tidak kaku dan masih segar tidak pucat. 

Setelah anda sudah mengetahui sedikit cara untuk membedakan apakah ikan cumi yang akan anda beli dan konsumsi sehat, layak untuk dimakan atau tidak, sekarang ada sedikit tips untuk mendapatkan rasa masakan cumi yang kita masak menjadi empuk dan tidak keras. Caranya tidak susah, pertama cucilah ikan cumi yang sudah dibeli sebelumnya, kemudian masaklah air sampai mendidih dan selanjutnyamasukkan ikan cumi yang sudah anda bersihkan sebelumnya. Tunggu dan biarkan dalam air yang mendidih, dan lihatlah serta tusuk dengan garpu atau sesuatu yang tajam untuk mengetahui apakan sudah empuk atau belum. Untuk mendapatkan ikan cumi yang gurih tambahkan garam pada saat anda merebus. Pada kegiatan ini (merebus ikan cumi) disini juga bisa terlihat mana ikan yang sudah berbahan pengawet dan mana yang masih asli tnpa pengawet, ikan yang sudah diberi bahan pengawet sebelumnya walaupun sudah direbus dalam jumlah waktu yang lama, namun tetap kenyal dan tidak bisa empuk seperti ikan cumi selayaknya.

Beberapa tips tentang bagaiana mengenali tentang cumi-cumi yang sehat dikonsumsi dan yang tidak sudah saya jelaskan, sekarang kita langsung saja belajar bagaimana cara untuk membuat atau lebih tepatnya memasak masakan cumi yang bisa menggoyang lidah. Resep Masakan Cumi Nikmat yang akan saya bagikan ini adalah resep yang sederhana tidak susah dan bisa dilakukan oleh anda-anda yang masih dalam kategori pemula atau masih dalam tahapan belajar memasak. Cara mudah tidak membuat rasa yang dihasilkan kalah dengan car-cara yang rumit, jadi tidak perlu takut. Tinggal bagaimana cara untuk memasak atau triknya kita mengetahui maka rasanyapun pasti tidak mengecewakan. Anda sebaiknya juga mencoba Resep Masakan Rajungan Terpopuler

Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat 

Resep Masakan Cumi yang akan saya bagikan yang pertama adalah Resep Masakan Cumi Balado, dari pada lama-lama mari kita langsung membaca dan mempraktekkan bagaimana cara untuk memasaknya.

Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat
masakan cumi


Bahan yang dibutuhkan untuk Masakan Cumi Balado
  • Cumi-cumi 
  • Cabe merah
  • Cabe rawit
  • Tomat
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Pete
  • Garam
  • Gula sedikit

Cara membuat Masakan Cumi Balado
  1. Bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, garam, masako dihalusin jadi satu, 
  2. Tumis bumbu yang sudah dihalusin tadi, sampe baunya wangi
  3. Masukkan pete sama cumi cumi dan tambah air sedikit, 
  4. Diamkan sampai airnya habis dan kluar minyak
  5. Selesai, dan balado cumi siap dimakan

Resep Msakan Cumi Bumbu Rujak



Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat
Msakan Cumi
  • Cumi-cumi
  • Lombok merah 3 
  • Lombok caberawit sesuai selera
  • Terasi sedikit
  • Gula merah sedikit kurang lebih 2 sisir
  • Gula pasir setenagah sendok teh
  • Garam setengah sendok teh
  • Tomat satu biji
Cara membuat Cumi Bumbu Rujak
  1. Tumis lombok merah dan lombok caberawit, setelah berubah warna dan terlihat sudah matang angkatlah
  2. Goreng tomat yang sudah diiris-iris sampai terlihat matang
  3. Gorenglah terasi sebentar
  4. Setelah bumbu yang digoreng sudah matang semua, maka campurlah semua bumbu yang sudah disiapkan  menjadi satu dan haluskan sampai tercampur rata.
  5. Tumis bumbu yang sudah halus, kemudian masukkan cumi-cumi yang sudah disiapkan. Aduk sampai tercampur rata dan sampai terlihat bumbu sudah meresap. 
  6. Angakat dan sajikan.
Itulah dua resep aneka masakan cumi nikmat yang saya bagikan untuk anda, selain masakan itu anda juga bisa mencoba Resep Ikan Bakar Ala Restoran Berbintang. Selamat Mencoba


0 Response to "Aneka Resep Masakan Cumi Nikmat "

Post a Comment